5 Buah-buahan Untuk Perokok

Posted: Januari 5, 2014 in kesehatan
Tag:

Buah-buahan untuk perokok berguna agar mereka terhindar dari berbagai penyakit yang diakibatkan rokok. Langkah ini pun tiga kali lebih sukses untuk Anda yang ingin berhenti merokok, demikian sebuah penelitian terbaru mengungkapkan.

Untuk Anda para perokok, berikut ini ada beberapa jenis buah-buahan yang baik dikonsumsi. buah-buahan ini dipercaya mampu mengurangi efek dan bahaya rokok, serta membantu tubuh menggantikan zat-zat yang dirusak oleh racun nikotin dan berbagai racun dari rokok:

Cokelat Hitam
coklat
Sebuah penelitian dilakukan kepada 20 perokok oleh peneliti di Rumah Sakit Universitas Zurich. Mereka diminta mengkonsumsi 40 gram cokelat hitam. Selama delapan jam, efek yang ditimbulkan memicu peningkatan anti oksidan yang bermanfaat bagi tubuh. Sementara itu, zat berbahaya yang menyebabkan penggumpalan darah juga ikut berkurang.

Dari penelitian tersebut ditemukan cokelat hitam dengan kandungan kokoa yang relatif tinggi (sekitar 75%) dapat memperbaiki sirkulasi darah secara signifikan.

Nanas
Nanas
Nanas adalah salah satu buah yang dapat membersihkan nikotin pada paru-paru. Kadar asam yang dimiliki nanas sangat banyak yang dapat mengatasi tipisnya kadar keasaman paru-paru akibat rokok.

Jagung
Jagung
Kandungan betacryptoxanthin dalam jagung dapat menurunkan risiko kanker paru-paru. Dalam Journal Cancer Epidemiology Biomarkers and Prevention, orang yang banyak mengkonsumsi makanan mengandung betacryptoxanthin terbukti mengalami penurunan risiko kanker paru-paru sebesar 27%. hasil yang sama juga menunjukkan, perokok yang mengkonsumsi jagung mengalami penurunan kanker paru-paru sebesar 37% dibandingkan dengan perokok yang kurang mengkonsumsi jagung.

Mengkudu
Mengkudu
Dengan mengkonsumsi buah ini pertahanan tubuh akan meningkat. Dikarenakan zat morindin yang terkandung dalam buah mengkudu. Senyawa lain yang terdapat dalam buah pace antara lain scopoletin yang berfungsi mengatur tekanan darah dalam keadaan tinggi maupun rendah. Senyawa ini juga mengatur hormon serotonin yang membantu menurunkan kadar kecemasan dan depresi.

Pisang

Senyawa dan zat-zat dalam rokok mengganggu ikatan oksigen dalam darah, yang menyebabkan berkurangnya aliran oksigen ke dalam tubuh dan otak. Kadar kalium yang tinggi yang dimiliki pisang akan menstabilkan aliran oksigen ini.

Dapatkan manfaat dari buah-buahan untuk perokok dengan selalu menyediakannya sebagai alternatif menu hidangan setiap harinya. Selain mengkonsumsinya secara langsung, Anda pun dapat menyajikannya baik sebagai tambahan dalam minuman, kue, dan resep lainnya.

Sumber:www.melindahospital.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s