BAHAYA MEROKOK

Posted: Maret 5, 2012 in kesehatan
Tag:,

Mengapa semua orang banyak yang belum menyadari bahwa banyak kerugian akan merokok. Sangat disayangkan apabila orang yang sudah tahu akan bahaya merokok tetap saja dia melakukan merokok. Semoga kita tahu bahwa semua kegiatan merokok dari membeli dan menghisap dan membuang rokok sangat tidak baik.
Dibawah ini adalah bebrapa kerugian dari merokok:

1. KANTONG KERING
Banyak dari kita tidak menyadari bahwa kita membuang-buang uang untuk rokok, tidak ada guna merokok tetapi tetap saja merokok. Bayangkan saja misal satu bungkus rokok Rp10.000,- apabila kita merokok 1 bungkus selama satu bulan jadi @Rp10.000 x 30 = Rp 300.000,- bayangkan saja kita apabila dapat menghemat uang kita untuk keperluan lainnya sebesar 300 ribu/bulan, apabila setahun 300 ribu x 12 = Rp. 3.600.000,-/tahun banyak nian. Belum lagi apabila sehari 2 bungkus rokok x Rp 3.600.000,- = Rp 7.200.000,-/tahun (udah dapat motor second tuh/ beli mesin cuci/ beli televisi 4 buah)
Contohnya yang lain dari kepala keluarga yang mempunyai keuangan yang dibilang pas-pasan, untuk menghilangkan stess malah merokok. Bukannya dapat menghemat justru akan menambah keterpurukan keuangan keluarga. Maka dari itu gantilah budaya merokok sedikit demi sedikit guna memperbaiki perekonomian keluarga.

2.BAHAYA KANGKER

Di atas adalah contoh paru-paru korban keganasan rokok, apa anda mau mempunyai paru-paru yang seperti itu? Anda sebenarnya sudah mempunyai paru-paru yang sehat tinggal anda dapat merawatnya atau tidak, sekarang belum terlambat, STOP Merokok!!!

Di dalam rokokpun banyak terdapat bahan-bahan yang digunakan berbagai alat roket, kapur barus, cat, knalpot, korek api dan lain-lain. Maka dari itu Waspadalah!!!!

Kandungan zat berbahaya rokok:

3. Perokok Pasif
Yang dimaksud dengan perokok pasif adalah orang yang menjadi korban dari orang yang merokok, dengan kata lain orang tersebut menghirup gas beracun yang ditimbulkan oleh asap rokok. Gas beracun ini yang dikeluarkan dari rokok lebih berbahaya dari pada yang dihisap.

Selama beberapa tahun terakhir, para ilmuwan telah membuktikan bahwa zat-zat kimia yang dikandung asap rokok dapat mempengaruhi orang-orang tidak merokok di sekitarnya. Perokok pasif dapat meningkatkan risiko penyakit kanker paru-paru dan jantung koroner. Lebih dari itu menghisap asap rokok orang lain dapat memperburuk kondisi pengidap penyakit :

ANGINA
Nyeri dada akibat penyempitan pembuluh darah pada jantung.

ASMA
Mengalami kesulitan bernafas.

ALERGI
Iritasi akibat asap rokok.

Gejala-gejala gangguan kesehatan :iritasi mata, sakit kepala, pusing, sakit tenggorokan, batuk dan sesak nafas.Wanita hamil yang merokok atau menjadi perokok pasif, meyalurkan zat-zat beracun dari asap rokok kepada janin yang dikandungnya melalui peredaran darah. Nikotin rokok menyebabkan denyut jantung janin bertambah cepat, karbon monoksida menyebabkan berkurangya oksigen yang diterima janin. Anak-anak yang orangtuanya merokok menghadapi kemungkinan lebih besar untuk menderita sakit dada, infeksi telinga, hidung dan tenggorokan. Dan mereka punya kemungkinan dua kali lipat untuk dirawat di rumah sakit pada tahun pertama kehidupan mereka.

Apabila anda ingin selamat dan mancintai orang-orang yang ada di dekat anda maka: “STOP MEROKOK SEKARANG JUGA!!!”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s