Operating System Not Found

Posted: Februari 26, 2012 in hardware
Tag:,

Dalam kasus kali ini saya menemukannya sewaktu ada teman yang minta tolong untuk memperbaikinya, kondisinya laptop Acer , Sistem Operasi Windows 7, terbagi 3 partisi, Bios OK. “Sistem Operation Not Found” ini ditemukan apabila komputer tidak menemukan booting Sistem Operasi di suatu Boot media seperti hard disk atau CDRoom.

Indikasi pertama:
Sistem Error dikarenakan sistem bootingnya tidak terdeteksi.

Karena adanya data di D maka saya tidak langsung mengformat hard disk tersebut.

Penanganan:
1. Coba memakai program Partition magic 8.0 under dos untuk mengetahui pembagian partisi yang ada. Ternyata tidak terdeteksi ketiga partisi tersebut.
2. Karena tidak terdeteksi partisi yang terdapat di hard disk maka saya menyelamatkan datanya dengan manual, lepas hard disknya dan di jadikan ke hard disk eksternal de dalam laptop yang lain. Hasilnya tetap hard disk tidak terdeteksi.
3. Saya coba memakai program Norton Gost agar dapat cloning sistem operasi ke dalam pertisi hardisk tersebut tapi hasilnya juga g bisa di cloning.
4. Saya coba dengan berbagai macam cara untuk menyelamatkan datanya tetapi tidak bisa juga. *harus diserahkan pada ahlinya.🙂 di Sigma komputer Babarsari belakang UPN Jogja.
5. Saya scan juga dengan pendeteksi bad sektor. Hasil tidak ada bad sektor juga.
6. Saya coba instal ulang dengan berbagai sistem operasi. Hasilnya Nihil alias g bisa diinstall.

Udah saya coba dan berusaha, dan saya menyimpulkan bahwa Hard disk tersebut sudah rusak karena sudah berumur lebih dari 5 tahun. Trus temen saya pergi ke tempat service dan mereka juga menyimpulkan hard disknya udah rusak, harus beli hard disk baru. Yah apa boleh buat beli lagi deh yang baru.🙂

Kasus selesai.

Komentar
  1. monk mengatakan:

    sigma upn babarsari alamat dan nmr teleponya ada ga?

    • Kasri mengatakan:

      wah nomer telponnya hilang. Coba cari di belakang UPN. Dari jembatan layang Janti belok kiri, Trus di belakang gedung UPN kanan jalan. Masuk gang ke kanan tanya saja di sekitar sana. Pasti tau kok.

Tinggalkan Balasan

