Kiwi, Sumber Vitamin C Alami Tertinggi

Posted: Juli 7, 2010 in kesehatan
Tag:, , ,

Vitamin C berperan penting bagi kesehatan. Salah satunya sebagai antioksidan, penangkal adanya proses oksidasi dalam tubuh yang disebabkan oleh polusi, sinar matahari, dan asap rokok. Oksidasi ini merusak sel-sel tumbuh. Menurut dr Fiastuti Witjaksono, SpGK, dokter spesialis Gizi Klinik pada Klinik Spesialis Semanggi, Jakarta, kiwi mengandung vitamin C. Bahkan, kandungan vitamin C-nya lebih tinggi dibandingkan dengan jeruk dan pepaya. “Padahal, selama ini orang selalu beranggapan bahwa jeruklah yang mengandung vitamin C tertinggi,” jelasnya saat Media Workshop Zespri Kiwifruits Membuat Hidup Lebih Aktif dan Terlindungi, di Jakarta, pekan lalu.Berdasarkan data USDA Nutrient Database pada Maret lalu, buah kiwi memiliki kandungan vitamin C tertinggi dibanding pepaya, jeruk, mangga, nanas, pisang, dan apel. Pada buah kiwi berwarna kuning kadar vitamin… sumber

Selain itu jambu biji juga mempunyai banyak kandungan vitamin c yang sangat berguna bagi tubuh kita. Buah ini sangat kaya vitamin C dan beberapa jenis mineral yang mampu menangkis berbagai jenis penyakit dan menjaga kebugaran tubuh. Daun dan kulit batangnya mengandung zat anti bakteri yang dapat menyembuhkan beberapa jenis penyakit . Selain vitamin C, jambu biji juga mengandung potasium dan besi.

Selain anti-oksidan, vitamin C disini memiliki fungsi menjaga dan memacu kesehatan pembuluh kapiler, mencegah anemia, sariawan, gusi berdarah, dll. Selain itu juga vitamin C disini juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan berbagai inveksi. Sehingga kita tidak mudah sakit seperti sakit flu, batuk, demam, dll. Vitamin C disini juga berperan dalam pembentukan kolagen yang sangat bermanfaat untuk menyembuhkan luka.
Ketersiadaan vitamin C yang cukup dalam darah dapat mendorong selenium dalam menghambat sel kanker, terutama kanker paru-paru, prostat, payudara, usus besar, empedu dan otak.

Sebagian besar vitamin C jambu biji terkonsentrasi pada bagian kulit serta daging bagian luarnya yang lunak dan tebal. Sehinga, jambu biji lebih baik dikonsumsi beserta kulitnya. Selain jambu biji berbagai buah tropis yang mengandung banyak vitamin c dapat ditemui dalam buah duwet, jambu monyet, mangga, dan gandaria.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s