Lima Makanan Pembakar Lemak

Posted: Juli 6, 2010 in kesehatan
Tag:, ,

Penulis : Ikarowina Tarigan

PERNAH berharap menurunkan berat badan dengan cara makan? Harapan Anda terkabul. Berikut lima makanan super yang bisa membantu mendapatkan tubuh langsing impian Anda.

Pir

Sebuah studi dari University of Rio de Janeiro menyebutkan, jika hendak menurunkan berat badan, jangan lupa mengisi mangkuk buah Anda denga pir. Studi yang dipublikasikan di jurnal Nutrition ini mengungkap, perempuan yang makan tiga buah pir sehari mengonsumsi lebih sedikit kalori total dan menurunkan lebih banyak berat badan dibandingkan mereka yang tidak.

Kandungan serat di dalamnya (satu pir memenuhi 15 persen dari total anjuran serat harian) dinyatakan membantu membuat Anda lebih kenyang dan mencegah makan berlebih. Cobalah makan pir sebelum makan untuk membantu menahan lapar. Selain itu, pastikan mengonsumsi dengan kulitnya. Pasalnya, sebagian besar kandungan serat pir berada di kulitnya.

Grapefruit (sejenis jeruk bali)

Mengonsumsi setengah grapefruit sebelum makan, menurut para peneliti dari Scripps Clinic di Kalifornia, bisa membantu menurunkan berat badan sebanyak setengah kilogram seminggu. Hal ini berlaku meskipun Anda tidak mengubah apa pun dari diet Anda. Penulis studi, Ken Fujioka MD, menyatakan, sebuah komponen dalam grapefruit membantu mengatur insulin, hormon penyimpan lemak.

“Makanan apa pun yang membantu menurunkan insulin bisa membantu menurunkan berat badan,” tutur Fujioka, seperti dikutip situs health.com.”Dan grapefruit merupakan salah satu dari makanan tersebut.”

Almond

Sebuah studi yang dipublikasikan di International Journal of Obesity mengungkap, mengonsumsi segenggam almond sehari, bersamaan dengan diet sehat, bisa membantu membakar lemak. Partisipan studi yang makan almond setiap hari selama enam bulan berhasil menghilangkan 18 persen lemah tubuh. Sedang mereka yang mengikuti diet dengan jumlah kalori dan protein sama tapi mengganti almond dengan karbohidrat sederhana (seperti crackers), dengan jumlah kalori sama, hanya menurunkan 11 persen.

Cokelat

Selalu menghindari cokelat dengan alasan sedang diet? Ada baiknya memuaskan selera lidah Anda. Sebuah studi yang dipublikasikan di Journal of Agriculture and Food Chemistry menemukan, cokelat hitam dan makanan kaya antioksidan lainnya bisa membantu mencegah penumpukan sel-sel lemak dalam tubuh.

Kacang polong

Kacang polong kaya akan resistant starch, pembakar lemak yang kuat. Setengah cangkir kacang polong mengandung hampir 10 gram resistant starch. Menurut peneliti dari University of Colorado, Anda bisa membakar 25 persen lemak esktra dengan mengonsumsi kacang polong atau makanan kaya resistant starch lainnya.(IK/OL-5)

sumber: http://www.mediaindonesia.com

Iklan
Komentar
  1. ctantia berkata:

    For..cokelat…..i guess that’s true..tapi masalahnya coklat yg disukai yg mengandung banyak susu tinggi lemak dan gula..jadi ya hati2 milih cokelatnya kali yaaa???
    (padahal bahagia banget aku klo sembarang cokelat boleh dimaem secara brutal..xixixi)_

    • Kasri berkata:

      hehehehe.. idem dah pendapat ctantia.. soalnya coklat mmmm yummy.. :p
      tapi ya dipilih pilih juga, apa makan coklat yang masih dipohon ya yang masih pahit.. 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s